Share Online

Minggu, 01 Juni 2008

Apa yang di maksud dengan Email ? Email adalah kepanjangan dari istilah bahasa inggris Electronic Mail atau jika di bahasa indonesia kan adalah Surat Elektronik. Dengan anda mempunyai alamat email, maka ibarat anda mempunyai sebuah kotak surat yang siap untuk menerima dan menampung seluruh kiriman surat dari manapun. Apa keuntungan memiliki sebuah alamat Email ? Di bandingkan dengan surat biasa, maka banyak sekali manfaat atau keuntungan yang di dapat oleh pemilik email. keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya :

1. Pengiriman/penerimaan surat (mail) lebih cepat di banding surat biasa.
2. Untuk masalah pengiriman ataupun penerimaan surat hanya memerlukan waktu beberapa menit saja ke berbagai belahan di dunia.
3. Isi surat dapat di buka di mana saja, dengan syarat bisa online internet.
4. Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti berbagai kegiatan di internet, misal untuk membuat blog, ikut bisnis di internet, info lowongan kerja, dan banyak lagi.
5. Dan banyak lagi kegunaan mempunyai email Di mana kita bisa membuat email ? Untuk membuat sebuah email, bisa yang berbayar ataupun yang gratis. Di antaranya keduanya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Apabila anda membeli sebuah domain, biasanya langsung dengan email. Salah satu kelebihan yang berbayar adalah nama email sesuai dengan domain kita, misal : saya@kangrohman.com atau konsultasi@kangrohman.com atau sebagainya. Apabila kita ingin yang gratisan, kita bisa membuat email ikut di domain situs lain, misal di Yahoo Google atau di MSN. Bagi yang baru mau membuat email, anda bisa mencoba membuat email di yahoo. Sebelumnya perlu di ketahui bahwa internet sangatlah dinamis, maka mungkin tutorial ini pada waktu tertentu akan tidak lagi sesuai. Berikut adalah panduan membuat akun email di yahoo :

A. Silahkan anda kunjungi alamat situs http://mail.yahoo.com
B. Klik link bertuliskan Sign Up yang berada di samping kanan
C. Setelah berada di halaman pengisian formulir, silahkan di isi dengan data diri anda

1. My name ? di isi dengan nama anda (nama depan dan belakang), misal: mbahma.
2. Gender ? pilih sesuai dengan jenis kelamin anda. male untuk pria dan female wanita.
3. Birthday ? isi dengan tanggal lahir anda.
4. I live in ? pilih negara tempat tinggal anda. misal : indonesia.
5. Postel Code ? isi dengan kode post tempat tinggal anda. Misal : 51141. 6. Yahoo! ID and Email ? isi dengan nama email yang di inginkan. Misal : antok4. sebagai catatan, tidak semua nama bisa di pilih karena kemungkinan Id tersebut sudah di pakai oleh orang lain. jika nama Id anda yang tidak bisa di terima, maka pilih nama ID yang lain.
7. Password ? isi dengan password atau kata kunci yang anda inginkan, misal : 1234567.
8. Re-type Password ? tulis kembali kata kunci yang tadi di tuliskan. Misal : 1234567.
9. Alternate Email ? isi dengan alamat email alternatif ( kalau tidak punya alamat email lain, kosongkan saja ).
10. Security Question ? pilih pertanyaan yang di inginkan apabila suatu saat anda lupa dengan password anda, ini adalah alternatifnya. Misal : What was the name of your first school?
11. Your answer ? tulis jawaban dari pertanyaan yang anda pilih di atas. misal : SD sukamundur.
12. Type the code shown ? tuliskan huruf atau angka yang di munculkan.
13. Do you agree? ? beri tanda tik/cek pada kotak di samping tulisan ini sebagai tanda anda setuju dengan ketentuan dari yahoo.


C. Klik tombol Create My Account
D. Jika tidak ada kesalahan, maka email anda sudah jadi. Jika terjadi error, lihat pesan error yang di tampilkan lalu perbaiki.
E. Selesai.

silahkan login dengan user ID serta password anda. Sekarang anda sudah mempunyai alamat email yang siap untuk di beritahukan kepada teman atau kerabat di manapun mereka berada.

Khusus buat pemula atau yang udah bisa

Selamat mencoba…




0 comments:

Pages

http://warnet-unet.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

Blogger Tricks